Kamis, 09 Mei 2013

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah naga mulai marak dan banyak ditemui di pasar buah. Buah naga memiliki nama latin Hylocereus polyrhizus berasal dari daratan Amerika Tengah serta Amerika Selatan. Yang kemudian dikembangkan di daratan China atas jasa seseorang berkebangsaan Perancis yang membawa bibit buah naga dadi Meksiko, negara asalnya.

manfaat buah naga untuk kesehatan
Namun saat ini Vietnam dan Thailand yang merajai pasar buah naga dalam skala global. Varietas asli buah ini memiliki kulit berwarna merah dan daging buahnya berwarna putih yang dipenuhi oleh biji kecil-kecil berwarna hitam. Namun sekarang banyak juga tercipta jenis yang berdaging kuning, hitam, serta merah.

Namun tetap saja buah naga yang berdaging putih memiliki kandungan vitamin C yang paling baik dibandingkan varietas lainnya. Sehingga buah naga menjadi salah satu buah yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Sesungguhnya penampilan buah naga yang berdaging putih memiliki penampilan kulit luar yang sama dengan varietas lainnya. Kulitnya berwarna merah cerah dengan sisik-sisik besar yang ujungnya berwarna kehijauan. Disebut sebagai buah naga putih karena memiliki daging buah berwarna putih. 

Jenis ini merupakan variesta asli buah naga seperti yang ditemukan pertama kali di Meksiko. Buah naga yang berdaging putih memiliki rasa lebih asam dibandingkan jenis yang lainnya. Itulah yang mengindikasikan kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga. 

Daging buahnya mengandung protein, serat, karbohidrat, zat besi, Vitamin B1, vitamin B2, betakaroten, provitamin A, fosfor, kalium, niasin, dan masih banyak lagi.

buah naga
Dengan begitu banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, maka akan sangat banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah naga.

Dengan rasa daging buahnya yang manis asam, maka buah naga sangat nikmat untuk dijadikan jus, bahan salad buah, maupun milkshake atau jika anda tidak mau repot-repot anda bisa langsung mengkonsumsinya.

Jika ada akan membuat jus atau salad buah berbahan buah naga, pastikan anda tidak menggunakan gula tinggi kalori, sebab nantikan akan dapat menghalau kinerja manfaat buah naga untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan gula rendah laori atau menggunakan madu sebagai bahan pemanis.

Anda akan mendapatkan semua manfaatnya dari mengkonsumsi buah naga secara teratur, seperti dibawah ini:

  • Menghambat terjadinya penuaan dini.
Buah naga mengandung antioksidan yang dapat menghambat proses penuaan dini yang umumnya dialami oleh seseorang yang terpapar polisi udara secara terus menerus. Dengan kandungan gizinya, buah naga secara efektif mampu mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.

  • Mencegah munculnya kanker.
Antioksidan juga berguna untuk menghambat dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh kita. Buah naga dapat dikonsumsi oleh siapa saja baik tua maupun muda. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin anda dapat terbebas dari sel-sel kanker

  • Meningkatkan kekebalan pada tubuh.
Vitamin C yang tinggi dalam buah naga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga sangat bagus untuk masa pertumbuhan anak-anak. Jika anda mudah sekali terserang flu karena perubahan musim yang tidak menentu ada baiknya anda mencoba mengkonsumsi buah naga secara teratur untuk menjaga kekebalan tubuh anda dari serangan penyakit.

  • Menurunkan kadar kolesterol.
Selain itu buah naga mengandung vitamin B3 yang nantinya dapat menurunkan kolesterol yang ada di dalam darah secara efektif bila anda konsumsi secara rutin.  Bila koleaterol dalam darah turun maka anda akan diajuhkan dari gangguan peredaran darah serta gangguan jantung

  • Meningkatkan nafsu makan.
Anak anda atau bahkan anda mengalami penurunan dalam nafsu makan ? Nah, anda bisa mencoba mengkonsumsi buah ini untuk meningkatkan nafsu makan anda atau anak anda. Buah naga mengandung vitamin B1 dan B2 yang telah lama diandalkan di dunia medis sebagai vitamin penambah nafsu makan khususnya dalam masa penyembuhan pasca sakit. 

  • Memperkuat gigi dan tulang.
Dengan kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi, buah naga mampu memperkuat gigi dan tulang anda. Sehingga dapat mengatasi masalah keropos tulang dan gigi baik pada anak-anak maupun pada oranbg dewasa. Bahkan baik juga untuk orang-orang lanjut usi.

  • Mencegah diabetes.
Saat ini penyakit diabetes merupakan penyakit degeneratif yang menakutkan. Apalagi orang tersebut memiliki pola hidup yang tidak sehat. Maka anda bisa mengkonsumsi buah naga mulai dari sekarang untuk mencegah penyakit diabetes. 

  • Merawat jantung agar tetap sehat.
Selain olahraga teratur, juga diperlukan konsumsi makanan sehat juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Jika anda bingung menentukan buah apa yang sehat untuk jantung anda, sebaiknya anda memilih buah naga untuk menjadi menu makanan sehat. Kandungan vitamin C, B1, B2 serta B3 didalam buah naga dapat menjaga kesehatan organ jantung anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar