Sabtu, 29 Juni 2013

Manfaat Cincau Untuk Kesehatan

Tumbuhan cincau yang memiliki nama ilmiah Cyclea barbata, merupakan tumbuhan berbatang yang merambat, dengan ukuran lingkar batang yang kecil serta batangnya berkulit kasar dan memiliki duri.

Batangnya mampu tumbuh mencapai belasan meter panjangnya serta daunnya berbentuk seperti perai hampir mirip daun sirih dengan permukaan daun dipenuhi oleh bulu. 

tumbuhan cincau
Bunganya berwarna kuning dengan buah yang keras berbentuk lonjong berwarna merah. Tanaman ini sering kali di temukan pada daerah yang terbuka di tepi hutan atau semak-semak belukar.

Namun ada juga yang sengaja dipelihara serta merambat pada semak-semak atau merambat pada pagar tanaman.

Tanaman ini pada umumnya tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian kurang dari 1000 m diatas permukaan laut. 

Nama lokalnya yaitu cincau, camcao, kepleng, juju, camcauh, serta tahulu. Cincau sendiri ada dua jenis yaitu cincau hitam dari tanaman Mesona palustris dan cincau hijau dari tanaman Cyclea barbata

Untuk menghasilkan gel dari daunnya, yaitu dengan memilih daun yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua, kemudian di remas-remas di dalam aor matang dengan perbandingan 2 genggam daun banding 1 liter air.

Air remasan tadi disaring serta diendapkan selama semalam. Pada pagi harinya air tersebut sudah mengental serta membentuk gel. Gel inilah yang dinamakan cincau. 

Terbentuknya gel tersebut disebabkan karena daun tumbuhan ini mengandung karbohidrat yang memiliki kemampuan mengikat molekul air. 

Kata cincau sendiri sebenarnya berasal dari dialek Hokkian yaitu "sienchau" yang umumnya dilafalkan oleh para orang Tiongkok.

Kandungan nutrisi dalam cincau, adalah: energi, kalsium, fosfor, protein, lemak, karbohidrat, zat besi, Vitamin A, B1, C serta serat pangan. 

cincau hitam
Cincau sangat baik untuk dikonsumsi oleh tua maupun muda mapun anak-anak. Sebab cincau mengandung mineral yang kaya terutama kandungan fosfor serta kalsiumnya yang tinggi. 

Baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang diet rendah kalori namun tinggi serat dan memiliki kemampuan meredakan panas dalam, perut kembung, sembelit, demam, serta diare. 

Kandungan seratnya memiliki manfaat untuk membersihkan pencernaan dari adanya zat-zat yang bersifat kersinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Selain itu cincau juga mengandung senyawa isokandrodendrin dipercaya memiliki kemampuan untuk mencegah sel tumor yang ganas.

Selain itu cincau juga mengandung S,S-Tetrandin  serta Alkaloid bisbenzilkuinolin yang juga memiliki manfaat dapat mencegah kanker pada ginjal, bersifat antiradang, serta dapat menurunkan darah tinggi.

Daun cincau sendiri juga memiliki banyak manfaat yaitu dapat mengobati vertigo, saluran pencernaan, kolesterol, hipertensi, serta sakit maag yang kronis dengan catatan bisa mengkonsumsi ramuan daun cincau secara rutin. 

Daun cincau hijau mengandung senyawa yang disebut dimetil kurin-1 dimetoidida yaitu sebuah zat yang memiliki kemampuan dapat mengendurkan otot-otot dalam tubuh kita. 

Para peneliti sedang mempelajari manfaat cincau terhadap kanker. Cincau hijau telah dipastikan mengandung klorofil yaitu zat yang memberikan warna hijau pada daun. Banyak literatur yang telah menyebutkan bahwa klotofil memiliki kemampuan sebagai zat antioksidan, antiperadangan serte bersifat antikanker.

cincau hijau
Dan tidak ada salahnya kita mencoba untuk mengkonsumsinya sebagai alternatif yang relatif murah untuk menjaga kesehatan tubuh kita, sambil menunggu hasil yang lebih meyakinkan. 

Sebaiknya anda memilih yang segar atau yang belum menjadi gel sebagai metode pengobatan.

Hal ini dimaksudkan supaya gel tersebut akan mengembang di dalam perut kita serta dapat mengikat lemak maupun asam lambung yang terdapat di dalam tubuh kita, selain itu juga bisa menutup luka maupun perdarahan di dalam usus dan lambung.

Caranya sebagai berikut:

  • Ambilah sekitar 15 helai daun cincau.
  • Peras dengan cara di remas-remas dengan 3/4 gelas air matang. 
  • Peras hingga air perasan menjadi kental.
  • Langsung minum airnya, tidak perlu menunggu hingga menjadi gel.
  • Minum air perasan tadi 2 kali dalam satu hari sebelum makan serta sebelum tidur.





1 komentar:

  1. Boleh Gan Jika Mau Jadi Distributor Kami, Harga Murah Untung Besar
    Agents & Distributors
    Agar Agar | Agar Agar Jelly | Cincau | Sari Kelapa | Swalayan Online
    http://promoonline.weebly.com/
    Tlp: 021-90334770 Mobile: 082-11111-8067 Pin:31279A1E
    Kami Juga Menyediakan
    Agar Powder | Harga Agar Agar | Jual Agar Agar Jelly | Cincau Hijau | Produsen Sari Kelapa | Sari Kelapa Nata De Coco | Gudang Online Swalayan

    BalasHapus