Kamis, 11 Juli 2013

Apa Yang Dilakukan Saat Gula Darah Meninggi

Tanpa kita sadari, ternyata kita berada di urutan ke empat setelah tiga negara berpenduduk terbesar di dunia, yaitu India, China, serta Amerika Serikat.

kondisi pengidap diabetes
Hal ini tentunya bukanlah suatu prestasi yang patut untuk dibanggakan. Akan lebih menakutkan lagi bila prediksi WHO tentang di tahun 2030 banwa jumlah pengidap diabetes akan meningkat menjadi 21,3 juta jiwa memang benar-benar terjadi.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Dalam hal ini, mau tidak mau kita harus memerangi penyakit yang erat sekali kaitannya dengan gula darah ini.

Gula darah dapat menjadi begitu menakutkan bila anda tidak segera mengendalikan kadarnya di dalam tubuh anda.

Jika dilihat dari segi medis, gagalnya mengatur gula darah adalah penyebab yang paling utama terjadinya penyakit diabetes melitus. Memang, manusia memang masih memerlukan gula darah untuk melakukan berbagai aktivitas.

Manusia memerlukan glukosa untuk memenuhi semua kebutuhan energi tubuh. Namun, apabila kadar gula dalam darah seseorang menjadi terlalu tinggi, entah karena faktor gaya hidup maupun faktor hormonal, maka tubuh seseorang tersebut akan dalam bahaya besar.

Untuk lebih jelasnya, pada pengidap diabetes, tubuh mereka tidak mampu lagi untuk mengendalikan tingkat gula darah atau glukosa dalam tubuhnya secara otomatis, karena tubuhnya tidak memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup, sehingga gula darah ini akhirnya justru menjadi racun bagi tubuhnya.

Bagi pengidap diabetes stadium lanjut maka kerusakan organ tubuh dapat terjadi kapan saja.

buah dan sayuran segar
Adakah cara untuk menurunkan gula darah? Jika kadar gula dalam tubuh anda telah terlanjur tinggi, ada banyak metode pengobatan yang dapat menurunkannya.

Namun sudah barang tentu anda masih harus berkonsultasi dengan dokter ahli serta meminum obat-obatan yang diresepkan secara rutin.

Selain itu ada juga berbagai cara yang dapat anda coba untuk katakanlah berdamai dengan penyakit diabetes. Pertama adalah anda harus memastikan untuk melakukan diet rendah karbohidrat dengan ketat.

Dengan tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang tinggi akan karbohidrat berarti anda telah mengurangi asupan glukosa dalam tubuh anda sendiri.

Tenang, anda tidak perlu risau. Ada begitu banyak alternatif makanan pengganti karbohidrat yang dapat membantu anda untuk mengendalikan diabetes, seperti kacang kedelai, sereal serta roti gandum.

Selain mengatur semua jenis makanan yang anda konsumsi, anda juga diharuskan untuk tetap menjaga stamina dengan cara giat berolahraga.

Dengan semakin banyaknya gerakan dari tubuh anda, maka semakin banyak pula glukosa serta lemak-lemak jahat dalam tubuh anda yang terbakar.

Anda tidak perlu jauh-jauh membuang-buang uang dengan pergi ke pusat kebugaran. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki maupun jogging secara rutin.

Selain itu anda juga diwajibkan untuk menghindari dari stress, istirahat yang cukup serta menjaga kestabilan berat badan anda tetap dalam kisaran normal.

Apakah ada suplemen untuk menurunkan kadar gula darah? Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung seng terbukti dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Bila anda merasa kesulitan untuk menemukan suplemen yang mengandung seng dalam jumlah yang tinggi, anda cukup mengganti makanan anda dengan mengkonsumsi daging ayam tanpa lemak serta ikan sarden. Sebab, dua jenis makanan ini mengandung seng dalam jumlah yang relatif tinggi.

Selain itu, teh hijau serta kayu manis juga dipercaya memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh manusia.

Anda sering mendengar tentang manfaat teh hijau untuk melangsingkan tubuh? Atau mungkin anda juga pernah mendengar tentang kayu manis yang dapat membuat anda tampak awet muda lebih lama?

Selain memiliki manfaat seperti diatas, teh hijau dan kayu manis juga terbukti dapat membantu kita untuk menurunkan kadar gula darah bagi para pengidap diabetes. 

Dengan cara meminum teh hijau tanpa gula, kemungkinan bukan suatu masalah yang besar bagi anda. Namun bagaimana dengan mengkonsumsi kayu manis? Perlukah anda mengekstraknya kedalam bentuk kapsul terlebih dahulu? Tidak, cukup masukkan ke dalam masakan atau sebagai bumbu penyedap masakan sehari-harianda akan mendapatkan semua manfaatnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar