Selasa, 23 Juli 2013

Rokok Dapat Sebabkan Diabetes Dan Bahaya Kesehatan Lainnya


Belakangan ini penyakit jantung, kanker dan juga diabetes menjadi penyakit yang sering sekali muncul. 

Penyakit-penyakit tersebut merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya serta sulit sekali untuk disembuhkan.

kebiasaan merokok
Rokok, telah lama diketahui memiliki banyak dampak yang negatif terhadap kesehatan manusia.

Sebab, rokok dapat meningkatkan resiko terserang penyakit-penyakit kronis, seperti kanker paru-paru, kanker mulut, penyakit jantung, hipertensi serta stroke

Selain itu, tahukah anda bahwa merokok juga dapat meningkatkan resiko terserang diabetes? Hal ini disebabkan karena merokok dapat memperparah penyakit gula pada seseorang. 

Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk mencari tahu apa kaitannya antara merokok dengan tidak normalnya kadar gula dalam darah seseorang.

Dalam penelitian yang melibatkan sekitar 1,2 juta orang pastisipan telah menyatakan bahwa ada hubungan langsung antara kebiasan merokok dengan meningkatnya resiko penyakit diabetes.

Temuan para peneliti ini memberikan indikasi bahwa merokok tanpa dipengaruhi adanya aktivitas yang lain, akan dapat menyebabkan adanya tidak dapat  mentoleransi kadar glukosa. Sehingga dapat dikatakan bahwa tubuh tidak dapat lagi menerima glukosa.

rokok
Bagi para perokok berat yang dapat menghabiskan lebih dari 20 batang rokok per hari akan memiliki resiko terserang diabetes sebesar 61%, sedangkan orang yang masuk dalam golongan perokok ringan memiliki angka kenaikan resiko terserang diabetes sebesar 29%.

Mengapa merokok dapat menyebab diabetes melitus? Sebab aktivitas seperti merokok sangat mungkin menjadi sumber penyebab dari adanya resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2, serta dapat menyebabkan respon yang tidak mencukupi terhadap hormon insulin dalam tubuh.

Selain itu rokok menyebabkan asupan oksigen di dalam tubuh anda menjadi berkurang sehingga membuat tubuh anda menjadi lemah serta bila saat hal yang seperti ini terjadi pada pembuluh darah anda dalam waktu yang lama maka dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya lainnya yang akan terjadi pada anda.

Semakin banyak rokok yang anda hisap setiap harinya, maka akan semakin besar juga peluang anda untuk mengembangkan penyakit lain seperti penyakit jantung, kanker, serta stroke.

Hal ini jelas-jelas akan memperpendek usia anda. Jalan satu-satunya yang terbaik agar tidak memperburuk kesehatan anda adalah dengan menjauhkan rokok dari kehidupan anda.  

Kebanyakan pada pengidap diabetes yang masuk dalam kategori perokok berat mencari alternatif lain supaya dapat merokok tanpa memasukkan nikotin dalam tubuhnya, sehingga mereka memiliki rokok elektronik sebagai alternatif pilihan.

Namun, menurut seorang profesor ahli kimia di California, Amerika yaitu Profesor Xiao-Chuan Liu mengatakan bahwa rokok elektronik juga bukanlah suatu pilihan yang baik karena tetap saja mengandung berbagai bahan kimia yang sama bahayanya dengan rokok.   

Maka dari itu, untuk mencegah berbagai penyakit yang mengerikan seperti diabetes, kanker serta penyakit jantung, kita perlu untuk mengubah gaya hidup kita menjada gaya hidup yang sehat.

Berbagai masalah tentang kesehatan bisa saja muncul setiap saat, maka kita perlu tetap berhati-hati sebab kita tidak tidak tahu secara pasti apa yang menjadi penyebabnya. 

Tanpa kita sadari gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat merupakan faktor utama yang menyebabkan semua masalah kesehatan pada diri kita.

Jadi, dengan menghentikan kebiasaan merokok, menghidari makanan junk food dan menggantinya dengan makanan yang sehat dan bergizi, tetap berolahraga secara teratur, banyak minum air putih merupakan cara yang terbaik bagi anda untuk tetap dalam keadaan sehat serta menghindari segala macam jenis penyakit yang berbahaya yang akan menyerang anda.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar