Rabu, 17 Juli 2013

Gejala Umum Kanker Pankreas

Kanker pankreas adalah salah satu jenis kanker yang biasanya menyerang seseorang tanpa ditandai dengan adanya gejala yang signifikan. Dan baru dapat diketahui setelah mencapai tahap stadium lanjut yang sudah sulit untuk disembuhkan. 

organ pakreas
Kanker pankreas adalah tumor yang tumbuh atau neoplasma yang terjadi pada kelenjar pankreas, yaitu salah satu organ yang sangat penting pada bagian atas perut yang berada di bawah lambung serta berdekatan dengan bagian pertama usus duabelas jari.

Pankreas berfungsi untuk mengeluarkan hormon insulin yang berguna untuk membantu sistem pencernaan serta dalam mengatur metabolisme gula di dalam tubuh kita. 

Kanker pankreas terjadi saat sel-sel yang berada di dalam pankreas mengembangkan mutasi genetik. Sehingga menyebabkan sel tersebut tumbuh tak terkendali dan akan terus hidup setelah sel normal akan mati. 

Sel-sel ini terus berkembang dengan cara membelah diri dan pada akhirnya terakumulasi hingga membentuk benjolan atau tumor.

Kanker pankreas pada awalnya memang tidak ditandai dengan gejala-gejala yang menyakitkan. Sehingga dalam banyak kasus, kanker pankreas baru dapat terdeteksi saat sel-sel kanker tersebut telah berkembang dan menjadi sangat sulit untuk disembuhkan.

Gejala umum adanya kanker pankreas adalah sebagai berikut:

  •   Mata dan kulit berwarna kekuningan.
Gejala umum kanker pankreas ditunjukkan dengan adanya perubahan warna pada mata serta kulit menjadi berwarna kekuningan atau dikenal dengan nama jaundice atau sakit kuning. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan tingkat bilirubin di dalam darah.
Jaundice terjadi pada penderita kanker pankreas yang disebabkan karena adanya kanker yang menghambat saluran empedu dari hati, sehingga mengganggu dan memperlambat aliran cairan empedu.
  • Nyeri pada perut.
Rasa nyeri pada perut juga merupakan salah satu gejala umum dari kanker pankreas. Lebih dari 80% penderita kanker pankreas mengalami sakit pada perut akibat dari adanya kanker pada pankreas tersebut.
Letak rasa sakit biasanya pada perut bagian atas.. sakit perut bisa datang dan pergi serta biasanya cenderung menjadi lebih parah saat penderita berbaring sekitar 3 hingga 4 jam setelah makan.
  • Berat badan berkurang.
Jika anda mengalami penurunan sejumlah besar berat badan anda secara tiba-tiba, kemungkinan ada sesuatu yang salah dalam diri anda. Turunnya berat badan secara drastis juga termasuk salah satu gejala umum pada penderita kanker pankreas dan seringkali gejala ini muncul pada permulaan.
  • Kehilangan nafsu makan.
Ini merupakan gejala non-spesifik dari kanker pankreas, yang dapat disebabkan karena suatu hal seperti adanya virus seperti misalnya diare. Jika kehilangan nafsu makan berlangsung lebih dari beberapa hari, maka konsultasikan segera ke dokter untuk diagnosis lebih lanjut serta dapat diobati dengan pengobatan yang tepat.  
  • Mual dan muntah.
Rasa mual dan muntah juga merupakan gejala non-spesifik lainnya yang juga dipengaruhi oleh adanya kondisi penyakit jinak lainnya. Gejala non-spesifik ini juga dapat mengakibatkan diagnosis kanker pankreas sering tertunda karena mayoritas orang mengganggap rasa mual dan muntah tersebut  hanyalah sakit biasa. 
  • Kembung.
Kanker pankreas juga dapat menyebabkan kembung atau sensasi rasa seperti kenyang meskipun belum makan atau bahkan dalam beberapa kasus terjadi pembengkakan sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. 
  • Kotoran berwarna pucat.
Bila kanker sampai tumbuh serta menghalangi empedu, maka akan terjadi pengeringan pada saluran dari hati ke usus serta menyebabkan warna tinja menjadi pucat dan tidak berwarna kecoklatan seperti saat kondisi normal. Disamping itu air seni juga berubah warna menjadi lebih pekat.
  • Peningkatan gula darah.
Beberapa penderita kanker pankreas kemungkinan akan mengalami kenaikan kadar gula dalam darah karena kanker dapat mempengaruhi kemampuan kinerja pankreas dalam memproduksi insulin sehingga meningkatkan resiko terkena diabetes.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar