Sabtu, 20 Juli 2013

Gejala Umum Dan Penyebab Kanker Sinus


Penyakit ini merupakan salah satu dari berbagai jenis penyakit kanker. Meskipun sebenarnya kanker jenis ini tergolong langka, namun tidak menutup kemungkinan dapat menyerang siapa saja diantara kita.

letak sinus paranasal
Kanker sinus merupakan pertumbuhan sel yang tidak normal yang berada pada bagian hidung manusia. Perlu kita ketahui bahwa kanker dapat menyerang pada semua bagian tubuh manusia

Jika menyerang pada bagian otak maka disebut kanker otak, bila pertumbuhan sel abnormal terjadi pada bagian payudara maka disebut kanker payudara, dan begitu seterusnya. 

Kanker sinus tumbuh serta berkembang pada bagian sekitar hidung. Itulah mengapa kanker ini disebut dengan nama kanker sinus

Sinus paranasal, merupakan bagian yang kosong yang berisi dengan udara yang berada di hidung. Bagian ini umumnya dilapisi oleh semacam lendir yang memiliki fungsi untuk menjaga bagian dalam hidung manusia agar selalu kering pada saat bernafas.

Walaupun pada awalnya kanker jenis ini jarang sekali menunjukkan gejala yang signifikan, namun dari data yang dikumpulkan oleh para ahli medis menunjukkan bahwa ada beberapa tanda yang dapat dikenali pada hampir semua pasien yang pengidap kanker sinus.

gejala kanker sinus

Berikut ini adalah beberapa gejala umum yang paling sering ditemukan oleh para ahli medis pada pasien kanker sinus:

  • Sakit pada gigi maupun sakit pada bagian telinga.
  • Munculnya benjilan pada hidung, tenggorokan, leher, mulut maupun pada wajah.
  • Pilek serta hidung menjadi berair selama 21 hari bahkan lebih.
  • Mimisan tanpa sebab yang jelas.
  • Penurunan berat badan secara drastis.

Itulah beberapa gejala umum dari penyakit kanker sinus yang seringkali ditemukan pada pasien kanker sinus.

Umumnya gejala tersebut akan muncul pada saat sel kanker baru mulai berkembang, bila kanker yang diderita oleh si pasien telah masuk kedalam tahap yang serius, maka gejala yang muncul, adalah:


  • Tidak berfungsinya indera penciuman.
  • Pandangan mata menjadi kabur.
  • Mimisan atau perdarahan dari hidung yang terjadis ecara terus menerus serta umumnya berlangsung hingga dua minggu lamanya.
  • Sakit kepala yang berkepanjangan.

Bila anda menemukan salah satu dari gejala-gejala seperti diatas, maka hal yang paling baik adalah segera mengunjungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk memerikasan kondisi kesehatan anda.

sinus tampak samping
Semakin cepat kita dapat mengetahui serta mengatasi semua gangguan yang terjadi seperti diatas, maka akan semakin tinggi juga kemungkinan kita untuk mendapatkan kesembuhan.

Hingga saat ini, para ahli dalam bidang kesehatan masih belum dapat menemukan penyebab yang pasti munculnya serangan penyakit kanker sinus.

Namun ada beberapa macam faktor yang dipercaya dapat menjadi faktor pemicu atau merupakan penyebab dari munculnya kanker sinus pada manusia. 

Dibawah ini adalah berbagai macam faktor yang dicurigai yang dapat menyebabkan munculnya serangan kanker sinus, yaitu:


  • Faktor usia. Kanker sinus lebih sering ditemukan pada orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas, meskipun ada beberapa pasien yang berusia remaja, namun hanya sebagain kecil saja.
  • Paparan bahan kimiawi yang berbahaya seperti debu-debu logam berat serta bahan kimia yang sering terdapat pada industri pembuatan sepatu.
  • Merokok.
  • Minuman beralkohol.

Walaupun masih belum dapat dinyatakan secara pasti oleh para ahli kesehatan, namun langkah yang paling penting yang dapat kita lakukan untuk menghindari terjadinya kanker sinus adalah dengan cara menghindari paparan logam serta bahan kimia, yang nantinya dapat masuk melalui rongga hidung. 

Selain itu penting juga artinya untuk menjauhi rokok serta konsumsi minuman beralkohol, demi menjaga kesehatan diri kita.

2 komentar:

  1. Tahukah Anda kalau Wifi yang sedang anda gunakan ternyata penyebab kanker juga

    BalasHapus
  2. Saya ingin bertanya
    Adek saya baru baru ini mengalami flu yang lendir nya kecoklatan dan sudah lama flu tetapi kadang kambuh kadang balik lagi, gusi nya juga selalu berdarah jika gosok gigi dan menyebabkan bau mulut, minus pada matanya juga bertambah, dan sering sakit kepala.
    selain itu juga kencing yg berwarna kemerahan, padahal tidak sedang haid ataupun maka buah yang warnanya merah seperti buah naga

    Kira kira gejala apa ya dok? Apakah masih wajar atau bagaimana? Mohon penjelasannya. Terima kasih

    BalasHapus