Jumat, 26 Juli 2013

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan


Masyarakat lebih mengenal lidah buaya berguna untuk menyuburkan rambut saja. Ternyata, lidah buaya juga mampu mengobati sejumlah penyakit diantaranya adalah diabetes melitus dan serangan jantung. 
 
potongan lidah buaya
Aloevera atau yang lebih dikenal dengan lidah buaya sudah dikenal oleh bangsa Mesir kuno pada tahun 1500 SM, yang berkat khasiatnya masyarakat Mesir kuno sering menyebut lidah buaya sebagai tanaman keabadian.

Dan kemudian juga digunakan oleh bangsa Samaria pada tahun 1875 SM. 

Orang Yunani yang bernama Diosscordes yaitu seorang peracik obat-obatan tradisional menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobati berbagai macam penyakit, seperti bisul, pecah-pecah, kerontokan pada rambut, lecet, wasir, kulit memar, hingga radang tenggorokan.  

Dalam laporan seorang peneliti dan pemerhati tanaman juga menyebutkan bahwa lidah buaya memang ampuh dalam mengatasi penyakit karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk tubuh manusia. 

Hasil penelitian terhadap lidah buaya  juga menunjukkan bahwa karbohidrat merupakan komponen terbanyak setelah air, yang dapat menyumbangkan sejumlah kalori sebagai sumber tenaga yang dibutuhkan oleh manusia.  

  • Makanan Kesehatan.
Menurut seorang pengamat makanan kesehatan atau suplemen, menyatakan bahwa dari sekitar 200 jenis tanaman lidah buaya, yang paling baik untuk digunakan dalam pengobatan adalah kenis Aloevera Barbadensis miller. Sebab mengandung 72 zat yang dibutuhkan oleh manusia. 

Di antara semua zat yang dibutuhkan oleh tubuh itu terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, aor, lemak, mineral, vitamin, hormon, enzim, serta zat golongan obat. 

Yaitu: antibiotik, antibakteri, antiseptik, antivirus, antikanker, antijamur, antiinfeksi, antipembengkakan , antiparkinson, antiateroskerosis, antiperadangan, dan antivirus yang resisten terhadap antibiotik.

Dengan begitu banyakanya kandungan nutrisi, lidah buaya bukan saja berguna untuk menjaga kesehatan, namun juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Termasuk kemampuan lidah buaya untuk menurunkan gula darah pada pengidap diabetes yang tidak tergantung insulin atau diabetes tipe 2.  

Beberapa ahli juga menyatakan bahwa lidah buaya mengandung unsur mineral yang dapat berfungsi sebagai pembentuk antioksidan yang alami, seperti vitamon C, E dan zinc. 

Bahkan hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan asal Amerika yang menyebutkan bahwa di dalam Aloevera Barbadensis miller juga terdapat beberapa zat yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk mencegah terjadinya penuaan dini, serangan jantung, serta beberapa penyakit degeneratif lainnya. 

Lidah buaya memiliki sifat merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada kulit. Di dalam lendir lidah buaya juga terkandung zat lignin yang mampu meresap dan menembus ke dalam kulit. Lendir ini dapat menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan, sehingga kulit tidak cepat kering dan selalu tampak awet muda. 

bagian dalam lidah buaya
Selain dapat mencegah wasir, lidah buaya juga dapat mengatasi bengkak pada persendian lutut, batuk, serta luka. lidah buaya juga dapat mengatasi masalah sembelit atau sulit buang air besar karena lendirnya bersifat pahit serta mengandung laktasit, sehingga bisa menjadi obat pencahar yang baik. 

Dan hingga sejauh ini para peneliti masih belum dapat menemukan efek samping dari penggunaan lidah buaya sebagai obat. Seandainya memang terjadi masalah itu berarti lebih disebabkan karena alergi pada mereka yang belum pernah mengkonsumsi lidah buaya

Yang harus diingat betul bahwa lidah buaya hampir mirip dengan buah apel yang bila habis digigit maka akan langsung berwarna cokelat. Hal ini terjadi sebagai pertanda bahwa lidah buaya telah teroksidasi sehingga beberapa zat yang terkandung didalamnya akan mengalami kerusakan.

  • Ramuan Lidah Buaya.
Anda bisa membuat ramuan dari lidah buaya untuk mengatasi Diabetes melitus dengan cara sebagai berikut:
Ambil 2 batang lidah buaya, lalu dicuci dan buang durinya. Kemudian dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air, lalu di saring. Minumlah 3 kali sehari setelah makan, masing-masing setengah gelas saja.
Selain itu ada ramuan dari lidah buaya untuk menurunkan kadar gula darah dengan cara sebagai berikut:
Ambil 1 pelepah lidah buaya yang berukuran besar atau kira-kira seukuran telapak tangan orang dewasa. Bersihkan dengan cara mengupas kulit dan diambil durinya. Rendam dalam air garam selama kurang lebih 30 menit. Remas sebentar lalu bilas dengan air mengalir atau air kran. Rebuslah dengan 3 gelas air hingga mendidih. Kemudian dinginkan. Minum sebanyak setengah gelas sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar